0
Dikirim pada 04 Februari 2013 di Uncategories

 

Nama-Nama Tari Tradisional dari Jawa Barat – Setelah kami membahas mengenai nama nama tari tradisional dari jawa Timur, kini giliran Nama-Nama Tari Tradisional dari Jawa Barat. Bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Barat, tentu familiar dengan beberapa nama nama tari tradisional dari Jawa Barat, diantaranya adalah:
Tari Merak
Tarian ini bercerita mengenai pesona merak jantan yang terkenal pesolek untuk menarik hati sang betina. Dengan menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni sang jantan mencoba untuk menarik hati sang betina. Gerak gerik sang jantan yang tampak seperti tarian yang gemulai untuk menampilkan pesona dirinya yang terbaik sehingga sang betina terpesona dan melanjutkan ritual perkawinan mereka.
Setiap gerakan penuh makna ceria dan gembira, sehingga tarian ini kerap digunakan sebagai tarian persembahan bagi tamu atau menyambut pengantin pria menuju pelaminan. Kostumnya yang berwarna warni dengan aksen khas burung merak dan ciri khas yang paling dominan adalah sayapnya dipenuhi dengan payet yang bisa dibentangkan oleh sang penari dengan satu gerakan yang anggun menambah indah pesona tarian ini, serta mahkota yang berhiaskan kepala burung merak yang disebut singer yang akan bergoyang setiap penari menggerakkan kepalanya.
Berdasarkan sejarah teori awal munculnya tari topeng ke Jawa Barat (Priangan) ditetapkan sebagai awal perkembangan Tari Topeng Priangan. Bentuk pertunjukkan tari topeng dibedakan atas dua bentuk pertunjukan yaitu topeng Cirebon dan Topeng Priangan.
Didalam pertunjukkan topeng Cirebon yang utuh, terdapat beberapa macam kedok bodor yang juga ikut ditampilkan, antara lain kedok tembeb, pentul dan dayun. Adapun bentuk pertunjukkan Tari Topeng Cirebon memiliki bermacam-macam bentuk yaitu :
Topeng Babarang / Baragan
Topeng Hajatan / Dinaan
Topeng Ngunjung
Topeng Kuputarung
Sedangkans topeng Priangan hanya tersaji dalam satu bentuk saja yang lebih bersifat entertaintment (hiburan). Adapun susunan Tari Topeng Priangan mencakup tiga watak yaitu :
Tari Topeng Tumenggung, menggambarkan watak seorang pejabat tinggi yang karismatik, berpengaruh dan disegani masyarakat sekitarnya.
Tari Topeng Kencana Wungu, menggambarkan karaktek yang lincah dan dinamis, dengan kedok berwarna telor asin.
Tari topeng kelana : menggambarkan karakter yang enerjik dan kasar.
Tari Jaipong 
Jaipongan adalah sebuah aliran seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman Berasal dari Bandung, Gugum Gumbira. Tari Jaipongan pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat, terlihat pada acara-acara penting kedatangan tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat, selalu di sambut dengan pertunjukkan tari Jaipongan. Tari Jaipongan ini banyak mempengaruhi pada kesenian-kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, baik pada seni pertunjukkan wayang, degung, genjring dan lainnya


Dikirim pada 04 Februari 2013 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah Visky Abif ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 22.573 kali


connect with ABATASA